28 February 2023

by Glenn Kaonang

Yuga Labs Ikut Ramaikan Tren NFT Bitcoin Lewat TwelveFold

TwelveFold merupakan koleksi 300 karya generative art yang di-mint di jaringan blockchain Bitcoin

Popularitas tren NFT Bitcoin seakan tidak terbendung. Ordinals, protokol yang memungkinkan eksistensi NFT Bitcoin tanpa perlu bergantung pada jaringan Layer 2, memang masih memicu perdebatan di komunitas Bitcoin. Namun itu rupanya tidak mencegah banyak kreator memanfaatkan momentum ini, dan sekarang salah satu nama terbesar di ranah Web3 pun ikut berpartisipasi: Yuga Labs.

Pencipta Bored Ape Yacht Club dan pemegang IP CryptoPunks tersebut belum lama ini mengumumkan proyek NFT Bitcoin-nya yang bernama TwelveFold. Seperti halnya NFT Bitcoin lain yang dibuat menggunakan protokol Ordinals, TwelveFold juga merupakan aset digital yang disematkan ke satuan terkecil BTC yang dikenal dengan nama satoshi.

Lewat sebuah posting blog, Yuga Labs mendeskripsikan TwelveFold sebagai interpretasi visual dari kartografi data di jaringan blockchain Bitcoin. Koleksi ini terdiri dari 300 karya generative art yang dibuat sendiri oleh tim desain internal Yuga dengan memadukan gambaran tangan dan elemen-elemen 3D hasil teknik rendering yang cukup advanced.

Singkat cerita, TwelveFold merupakan proyek NFT yang sangat berbeda dari apa yang sejauh ini pernah Yuga Labs buat. Dalam laman FAQ TwelveFold, dijelaskan pula bahwa proyek ini tidak menawarkan utilitas apa-apa dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan proyek-proyek bikinan Yuga Labs di ekosistem NFT Ethereum.

Melihat jumlahnya yang cuma 300 aset, TwelveFold jelas bakal menjadi koleksi NFT yang bersifat sangat eksklusif. Itulah mengapa Yuga Labs berniat menjualnya melalui sistem lelang dengan menggunakan BTC sebagai alat pembayarannya. Perilisannya sendiri dijadwalkan berlangsung pekan ini juga.

Di luar TwelveFold, Yuga Labs sendiri saat ini tengah sibuk mempersiapkan fase reveal dari proyek NFT terbarunya yang hanya bisa didapat dengan bermain game. Meski belum kelihatan wujudnya sama sekali, koleksi NFT baru Yuga Labs tersebut rupanya sudah mencatatkan volume perdagangan yang masif. Salah satunya bahkan berhasil terjual seharga 1.000 ETH, atau setara 24,8 miliar rupiah saat artikel ini tayang.

Sumber: NFT Now.