11 December 2023

by Dimas Galih W.

iQOO 12 Resmi Hadir di Indonesia, Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3

iQOO kembali meluncurkan sebuah smartphone yang memberikan fitur-fitur yang pertama di Indonesia, seperti snapdragon 8 gen 3

Setelah sukses dengan iQOO 11 yang diluncurkan pada tahun lalu, iQOO Indonesia kembali memboyong sang penerusnya. Acara Peluncurannya sendiri diadakan pada hotel Sheraton Gandaria City pada tanggal 7 Desember 2023 yang lalu. Apa saja yang menjadi keunggulan dari perangkat iQOO 12 tersebut?

Roshinna Erawaty selaku Brand & Marketing iQOO Indonesia mengatakan bahwa selama satu tahun hadir di Indonesia, beliau senang sekali melihat bagaimana minat penggemar iQOO di indonesia semakin berkembang. Hal ini menjadi semangat bagi iQOO untuk dapat terus berinovasi dan memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna di seluruh tanah air. iQOO Indonesia berupaya untuk lebih mendekatkan diri kepada penggemar dengan memenuhi kebutuhan teknologi secara lebih personal, dengan menghadirkan produk iQOO secara offline di beberapa vivo store yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Palembang, Medan dan Makassar.

Yang pertama adalah iQOO 12 merupakan yang pertama di Indonesia yang menggunakan SoC Snapdragon 8 Gen 3. Dengan memakai prosesor Cortex-A4 hingga 3,3 GHz, Cortex-A720 berkecepatan 2,3 GHz, serta Cortex-A520 berkecepatan 2,3 GHz membuat iQOO 12 menjadi yang terkencang hingga saat ini di Indonesia. Supaya tidak panas, iQOO menanamkan vapor chamber dengan dimensi yang besar, yaitu 6000 mm.

Selain SoC tersebut, iQOO juga menanamkan sebuah cip yang bernama Supercomputing Chip Q1 yang memberikan beberapa fitur tambahan. Hal tersebut seperti Game Super Resolution, Game Super Frame Rate, serta Game Super Touch Control. iQOO mengklaim bahwa fitur ini bisa meningkatkan kualitas gambar sebuah game, menaikkan frame rate game, serta membuat sensitivitas bermain lebih baik saat tangan berkeringat.

QOO 12 dilengkapi dengan layar 6,78 inci LTPO AMOLED dengan resolusi 2800x1260 atau 1,5K. Layar ini memakai refresh rate dinamis 1-144Hz dengan tingkat kecerahan maksimal 3.000 nits, kepadatan piksel 452 PPI, rasio kontras 800,000:1, dan dukungan HDR10+. iQOO 12 juga mendukung PWM dimming 2,160Hz frekuensi tinggi dan perlindungan mata low blue light dan palet DCI-P3 100%.

iQOO 12 dilengkapi dengan resolusi kamera utama 50MP dengan sensor OmniVision OV50H berukuran 1/1,3 inch yang memiliki teknologi PureCel Plus-S dengan dukungan OIS dan EIS. Kamera ini dipadukan dengan lensa ultra-wide 50MP dan periskop zoom 64 MP 3x. Tidak lupa sebuah kamera 16 MP untuk melakukan selfie, sudah tersedia pada bagian depannya.

Pada perangkat yang satu ini, iQOO masih bekerjasama dengan BMW M Motorsport. Smartphone ini hadir dalam edisi Legend dengan warna putih yang dihiasi logo BMW M Motorsport pada bagian belakangnya serta edisi Alpha dalam warna hitam.

Untuk pasar Indonesia, iQOO 12 dijual dengan harga Rp 10.999.000,-. Konsumen juga bakal mendapatkan garansi penuh selama 2 tahun.