30 August 2023

by Glenn Kaonang

Ponsel Gaming REDMAGIC 8S Pro Resmi Hadir di Indonesia

ZTE membuka harga REDMAGIC 8S Pro mulai Rp11.999.000

Meski tergolong niche, kategori ponsel gaming selalu mencuri perhatian berkat spesifikasi berlebihan yang dihadirkan di segmen tersebut. Salah satu contoh terbarunya adalah REDMAGIC 8S Pro yang baru saja diluncurkan secara resmi di Indonesia oleh ZTE kemarin (29/8/2023).

Namanya ponsel gaming, performa super-ngebut selalu menjadi hidangan utama. REDMAGIC 8S Pro mewujudkannya lewat penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 2 Leading Version dengan kecepatan maksimum 3,36 GHz, yang menawarkan peningkatan performa CPU dan GPU sekitar 5% dibandingkan versi standarnya.

Melengkapi dapur pacunya adalah RAM LPDDR5X berkapasitas hingga 16 GB dan storage UFS 4.0 dengan kapasitas maksimum 512 GB. ZTE pun tidak lupa menyematkan sebuah chip sekunder bernama Red Core 2 yang bertugas menangani pemrosesan audio maupun fungsi-fungsi lain seperti haptic feedback dan sistem pencahayaan RGB.

Agar kinerjanya bisa konsisten, REDMAGIC 8S Pro didukung oleh sistem pendinginan ICE 12.0 yang diklaim sangat efektif mencegah perangkat menghasilkan suhu panas yang berlebih. Untuk baterainya sendiri, ponsel ini menggunakan modul berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung pengisian dengan daya maksimum 65 W.

Kesan berlebihan masih terus berlanjut hingga ke layarnya. REDMAGIC 8S Pro memakai panel AMOLED 6,8 inci dengan resolusi 1080p, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 960 Hz. Tingkat kecerahan maksimumnya dapat mencapai angka 1.300 nit, dan ZTE pun tak lupa melapisinya dengan kaca Gorilla Glass 5.

Kalau melihat tampak depannya, ponsel ini kelihatan begitu bersih. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan kamera selfie di bawah layar. Sementara itu, sisi belakangnya dihuni oleh trio kamera yang terdiri dari kamera utama 50 megapiksel dengan phase-detection autofocus (PDAF), kamera ultra-wide 8 megapiksel, dan kamera makro 2 megapiksel.

Tentu saja, sebuah ponsel gaming tidak akan lengkap tanpa sepasang tombol trigger di sisi sampingnya, dan REDMAGIC 8S Pro lagi-lagi membuatnya terkesan berlebihan dengan trigger 520 Hz yang memiliki tingkat respons 7,4 milidetik.

Buat yang tertarik meminangnya, REDMAGIC 8S Pro saat ini telah tersedia di seluruh gerai Erafone dan melalui Tokopedia. Ada dua model yang dihadirkan: MIDNIGHT (12 GB/256 GB) dengan harga Rp11.999.000, dan AURORA (16 GB/512 GB) dengan harga Rp14.999.000.

Untuk pemesanan selama 29 Agustus hingga 19 September 2023 di Tokopedia, konsumen berhak mendapatkan bonus TWS REDMAGIC, proteksi gadget gratis, tambahan cashback GoPay Coins senilai Rp500.000, hingga program cicilan 0% dengan Tokopedia Card.

Ponsel 'gaming' kelas entry Nubia Neo 5G

Dalam kesempatan yang sama, ZTE turut memperkenalkan Nubia Neo 5G sebagai ponsel 'gaming' entry-level. Saya sengaja memberi tanda kutip di sini karena karakter gaming yang dijual bukanlah dari sisi performa, melainkan dari keberadaan fitur pelengkap seperti fitur Game Space dan speaker dengan sertifikasi DTS:X Ultra.

Performanya sendiri dipercayakan pada chipset Unisoc T820, yang hadir bersama RAM 8 GB (plus RAM virtual 8 GB) dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Melengkapi spesifikasinya adalah baterai 4.500 mAh yang mendukung fast charging 22,5 W.

Untuk layarnya, Nubia Neo 5G dibekali panel 6,5 inci dengan resolusi 1080p dan refresh rate 120 Hz. Semua itu dikemas dalam bodi setebal 7,98 mm.

Sejauh ini, Nubia Neo 5G belum memiliki jadwal rilis dan banderol harga yang pasti. Namun berdasarkan keterangan yang diterima Kompas dari ZTE, harganya berada di kisaran 3 jutaan rupiah.

ZTE sendiri terkesan percaya diri dengan penawarannya di segmen gaming, utamanya dengan REDMAGIC 8S Pro itu tadi. Hal ini juga bisa dilihat dari keputusannya menjalin kerja sama dengan organisasi esport kenamaan, Bigetron.