22 October 2022

by Sean Edbert

Warner Bros. Jual NFT Film Lord of the Rings Edisi Terbatas

Kehadiran NFT Lord of the Rings ini menjadikan Warner Bros. sebagai studio film besar pertama yang berkecimpung di dunia NFT

Warner Bros. dikabarkan tengah menjual NFT berdasarkan film besutan mereka, The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring. Para penggemar LOTR sudah bisa membeli non-fungible token atau NFT dari film rilisan tahun 2001 itu sejak tanggal 21 Oktober kemarin.

Tidak sendirian, Warner Bros. Home Entertainment menggandeng salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Web3 sekaligus anak usaha Fox Entertainment, Eluvio, untuk mewujudkan proyek NFT mereka itu. Dan dengan peluncuran NFT ini, Warner Bros. menjadi studio besar pertama yang merilis film dalam bentuk NFT.

Image Credit: Warner Bros.

"Penggemar The Lord of the Rings sekarang dapat mengoleksi, berpartisipasi, dan bertukar pengalaman media yang pasti akan mengejutkan dan menyenangkan mereka. Ini (NFT LOTR) benar-benar dirancang untuk audiens massal, bukan hanya penggemar Web3," ujar Michelle Munson, CEO dari Eluvio, seperti dikutip The Verge dari press release mereka.

Menariknya, peluncuran NFT berjudul "The Lord of The Rings: The Fellowship of the Ring Extended Edition Web3 Movie Experience" ini juga menjadi koleksi pertama dari "WB Movieverse".

WB Movieverse ini merupakan marketplace yang nantinya juga akan menjual NFT dari judul-judul lain besutan Warner Bros. Namun, pihak Warner Bros. belum mengungkap kapan rilisan NFT lain akan tersedia. Di marketplace baru ini, para penggemar dapat membeli dan menjual NFT film-film besutan Warner Bros. di antara sesama pengguna.

Image Credit: Warner Bros.

Terdapat dua edisi NFT LOTR yang dijual, yaitu Premier Mystery Edition yang dibanderol dengan harga $30 atau sekitar Rp470 ribu dan Premiere Epic Edition seharga $100 atau sekitar Rp1,5 juta. Jika ingin mendapatkannya, Anda harus buru-buru karena Warner Bros. menjual kedua edisi tersebut secara terbatas.

Persisnya, WB dan Eluvio hanya mengeluarkan 999 kopi Premiere Epic Edition dan 10 ribu kopi Premiere Mystery Edition. Tanpa perlu terkejut, kedua edisi ini juga memungkinkan pembeli untuk menonton versi extended dari film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring dalam resolusi 4K UHD. Tidak hanya itu, pembeli juga akan mendapat akses khusus ke lebih dari delapan jam "fitur spesial", ratusan gambar, serta koleksi AR (augmented reality) tersembunyi.

Image Credit: Warner Bros.

Yang membedakan kedua edisi ini adalah, Premier Epic Edition turut dilengkapi sebuah menu navigasi interaktif berdasarkan tiga lokasi dari film LOTR, yaitu The Shire, Rivendell, dan Mines of Moria; sedangkan Premier Mystery Edition hanya mencakup salah satu lokasi tersebut dan akan diberikan secara acak. Epic Edition juga menyertakan galeri gambar tambahan yang tidak termasuk dalam Mystery Edition.

Apakah Anda tertarik dengan NFT terbaru besutan Warner Bros. dan Eluvio ini? Jika iya, sebaiknya Anda cepat-cepat membeli salah satu dari edisi NFT tersebut. Karena saat artikel ini dibuat, Premier Epic Edition sudah ludes terjual. Informasi lebih lengkapnya bisa langsung dilihat di web resmi WB Movieverse.