Hadirkan Integrasi Generative AI, Stack Overflow Ingin Jadikan Forumnya Lebih Ramah Pengguna

AI akan menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sudah sering didiskusikan, sementara komunitas ahli masih akan menjadi andalan untuk persoalan yang lebih kompleks

Desember 2022, Stack Overflow menjadi salah satu platform sosial pertama yang melarang penggunaan ChatGPT. Larangan tersebut memang hanya bersifat sementara, dan sekitar tujuh bulan berselang, Stack Overflow kini justru telah siap memperkaya platformnya lewat integrasi generative AI.

OverflowAI, demikian istilah yang Stack Overflow gunakan untuk segala inisiatif berbasis generative AI yang mereka rencanakan. Salah satu yang paling utama tentu saja adalah untuk menjawab pertanyaan seputar dunia pemrograman dengan AI.

Berdasarkan pengumuman resminya, Stack Overflow akan segera menguji coba tool pencarian yang bersifat conversational. Jadi cukup dengan mencantumkan pertanyaan dalam bahasa sehari-hari ke kotak pencarian Stack Overflow, maka pengguna akan langsung mendapatkan ringkasan jawaban yang disajikan oleh AI. Jawabannya sendiri diambil dari database Stack Overflow yang berisikan sekitar 58 juta pertanyaan dan jawaban.

AI juga akan hadir di layanan enterprise Stack Overflow for Teams. Perusahaan yang berlangganan nantinya bisa meminta AI untuk menjawab pertanyaan berdasarkan dokumentasi dan knowledge base internal. Mereka pun juga dapat berinteraksi dengan chatbot AI Stack Overflow langsung di dalam aplikasi Slack.

Keberadaan AI dikhawatirkan bakal berdampak pada penurunan interaksi antar pengguna maupun traffic Stack Overflow. CEO Stack Overflow, Prashanth Chandrasekar, punya pendapat yang berbeda. Berbicara kepada Fast Company, Prashanth menegaskan bahwa interaksi antar manusia di Stack Overflow tidak akan hilang begitu saja dengan adanya AI.

"Akan selalu ada kebutuhan akan suatu tempat yang orang-orangnya benar-benar menyumbangkan konten dan informasi baru," ujar Prashanth. Ia optimistis para developer akan terus ingin membantu satu sama lain sekaligus memamerkan pengetahuan mereka, seiring terus berkembangnya teknologi.

Bagi Prashanth, AI justru akan membuat Stack Overflow lebih ramah terhadap pengguna baru. Pasalnya, pertanyaan-pertanyaan mendasar yang mereka ajukan β€” yang mungkin sudah sangat sering didiskusikan di Stack Overflow β€” dapat langsung dijawab oleh AI ketimbang ditandai sebagai pertanyaan duplikat dan ditolak oleh moderator forum.

Untuk persoalan-persoalan yang lebih kompleks dan mendetail, di sanalah komunitas ahli Stack Overflow masih akan memegang peran. Dari situ, solusi yang benar juga akan ditambahkan ke database Stack Overflow, sehingga ke depannya pengguna yang memiliki problem serupa dapat langsung menemukan jawabannya dari tool pencarian yang conversational itu tadi.