27 January 2023

by Lukman Azis

Samsung Umumkan Odyssey Neo G7, Monitor Gaming Flat 43 Inci dengan Mini-LED

Odyssey Neo G7 adalah monitor gaming dengan form factor flat pertama Samsung yang dilengkapi panel Quantum Mini-LED

Samsung telah mengumumkan Odyssey Neo G7, monitor gaming dengan form factor flat pertama Samsung yang dilengkapi panel Mini-LED. Layar datarnya membentang 43 inci dengan resolusi 4K (3.840x2.160 piksel) dalam rasio aspek 16:9.

Odyssey Neo G7 mengusung Quantum Mini-LEDbacklight untuk peredupan lokal yang akurat. Tingkat kecerahannya cukup terang dengan sertifikasi VESA Display HDR600 (600 nits) dan mendukung HDR10+ yang mampu menampilkan kualitas grafis terbaik saat ini. Fitur Matte Display-nya juga dapat mengurangi pantulan cahaya pada layar.

Sebagai monitor gaming, pengguna dapat menyambungkan ke PC atau konsol terbaru melalui DisplayPort atau HDMI 2.1. Panelnya dapat berjalan dengan refresh rate hingga 144Hz dengan response time 1ms, dan didukung AMD FreeSync Premium Pro yang dapat mengurangi stuttering, input latency, dan screen tearing.

Odyssey Neo G7 memiliki dukungan bawaan untuk layanan streaming game seperti Xbox Cloud Gaming dan Nvidia GeForce Now. Pengguna dapat menghubungkan controller gaming nirkabel melalui Bluetooth dan langsung memulai permainan tanpa perlu menyambungkan ke speaker eksternal, karena sudah tersemat speaker 20W.

Samsung juga menjejalkan sejumlah fitur gaming terbarunya, seperti Flex Move Screen yang memungkinkan menyesuaikan ukuran layar antara 43 inci dan 20 inci, posisi, dan bahkan rasio aspek untuk pengaturan game yang optimal. Lalu lewat Game Bar, pengguna dapat melihat dan mengubah pengaturan penting dengan cepat tanpa harus meninggalkan layar game.

Dudukan yang disertakan dapat dimiringkan untuk menyesuaikannya ke sudut yang nyaman, bisa juga dipasang ke dinding. Ada juga sepasang port USB 3.0 yang tersedia dari USB Hub bawaan. Konektivitas internetnya bisa menggunakan Ethernet atau WiFi 5.

Layar 43 inci juga cukup besar untuk digunakan sebagai televisi dan faktanya ia memang smart TV Tizen. Artinya pengguna dapat melakukan streaming film lewat Prime Video, Netflix, dan YouTube, atau mengontrol perangkat SmartThings melalui Samsung Smart Hub saat PC atau konsol dimatikan.

Sumber: Samsung