16 March 2023

by Galih

Samsung Bagikan Trik Tangkap Foto Malam Jadi Epic dengan Galaxy S23 Series 5G

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan gambar yang diambil malam hari

Menangkap momen di malam hari memang sedikit tricky, terutama bila perangkat yang digunakan adalah smartphone. Maka dari itu Samsung membagikan beberapa tips agar foto malam hari tersebut bisa jadi lebih epic.

Model terbaru Samsung yaitu Galaxy S23 Series 5G sebenarnya sudah sangat mumpuni untuk menangkap foto di malam hari berkat hadirnya fitur Nightography yang telah disempurnakan. Para pengguna Galaxy S23 Series 5G bahkan bisa mengeksplorasi berbagai cara memotret yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Pengguna pun tak perlu lagi khawatir akan kondisi minim cahaya di malam hari.

“Mengambil foto malam hari cenderung lebih sulit karena adanya keterbatasan dalam memaksimalkan sumber cahaya, namun bukan berarti kita tidak bisa mengabadikan momen secara epic," ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Dalam artikel ini, Samsung telah membagikan beberapa trik yang bisa dilakukan para pemilik Galaxy S23 Series 5G untuk dapat menangkap foto malam hari secara lebih maksimal.

Sesuaikan resolusi kamera dengan kondisi pencahayaan

Image Credit: Samsung

Fotografer outdoorAndhika Bayu yang sebelumnya ditunjuk untuk berkolaborasi dengan Samsung memberikan trik lewat memilih resolusi kamera untuk hasil nightography yang lebih baik.

Andhika menjelaskan ketika malam hari tersebut kondisi pencahayaannya sedang cukup terang, maka pengguna bisa mengatur resolusi tertinggi dari kamera sehingga dapat membuat gambar semakin tajam.

Sebaliknya, ketika kondisi pencahayaannya sangat redup atau hanya ada satu sumber cahaya yang dominan, maka resolusi kamera bisa diturunkan hingga 12MP agar gambar yang dihasilkan bisa lebih terang dan minim noise.

Bermain dengan exposure untuk foto malam hari yang lebih dramatis

Selain masalah resolusi, pengguna nantinya juga dapat memanfaatkan pengaturan lebih kompleks berkat fitur Expert RAW. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengatur ISO hingga shutter speed secara manual.

Salah satu trik untuk mendapatkan foto epic di kondisi lingkungan gelap adalah dengan memanfaatkan teknik long-exposure. Teknik ini bisa digunakan saat ingin foto lalu lintas malam hari untuk mendapat efek dramatis dari banyak skenario.

Sebut saja lampu kendaraan yang lalu-lalang, memotret jembatan di kondisi low light sambil mendapatkan efek air yang lebih smooth, hingga capture sunset dengan pola langit yang unik.

Capture langit penuh bintang menggunakan Astrophoto di Expert RAW

Image Credit: Samsung

Fitur lain yang bisa dijadikan eksperimen bagi para pengguna Samsung Galaxy S23 Series 5G adalah Astrophoto. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memotret langit malam yang tampak penuh bintang.

Bahkan Samsung juga menyematkan fitur Sky Guide yang bisa memandu pengguna menemukan lokasi rasi bintang dan kelompok bintang dengan komposisi terbaik.

Astrophoto ini juga telah dibekali teknologi segmentasi AI dan multi-frame processing, sehingga perangkat bisa melakukan pemetaan bintang hingga peningkatan detail foto dengan maksimal. Hasil akhir tangkapan fotonya akan terlihat profesional.

Terus bereksperimen tanpa perlu khawatir gagal

Dengan semua fitur canggih yang diusung Samsung Galaxy S23 Series 5G, maka mengabadikan foto malam hari bukan lagi menjadi masalah, apalagi mengingat Samsung juga menyematkan beberapa fitur pembantu tambahan.

Salah satunya adalah kehadiran wider OIS sehingga kamera perangkat akan lebih stabil dalam memotret, khususnya ketika menggunakan shutter speed yang lambat.

Kehadiran stabilizer ini akan sangat membantu pengguna Samsung Galaxy S23 Series 5G dalam menangkap berbagai momen, lokasi, dan kondisinya.

Ditambah lagi, Samsung juga menyematkan pemrosesan lanjutan menggunakan AI yang dapat membantu gambar yang diambil untuk tampil semaksimal mungkin.

Buktikan foto malam hari lebih epic dengan Galaxy S23 Series 5G

Image Credit: Samsung

Lini smartphone flagship terbaru dari Samsung ini sudah tersedia di toko daring dan gerai retail. Konsumen pun bisa mendapatkan penawaran khusus dengan mengunjungi mengunjungi consumer launch di Grand Indonesia, Jakarta pada 15–19 Maret, dan Sun Plaza, Medan pada 29 Maret–2 April.

Selama consumer launch, konsumen bisa menikmati penawaran eksklusif senilai total hingga Rp4.100.000 di setiap pembelian Galaxy S23 Series 5G.

Keuntungan ini terdiri dari cashback hingga Rp2.000.000 untuk pembelian secara Trade-In dan Purchase with Purchase (dengan aksesori dan wearable Galaxy), dan cashback dari mitra bank hingga Rp750.000.