17 November 2022

by Yubian Asfar

Riot Games Siap Urus Langsung League of Legends dan TFT di Asia Tenggara

Dengan pengumuman ini, maka Riot Games tidak lagi mengandalkan Garena untuk pasar Asia Tenggara

Salah satu pengembang game terkenal yaitu Riot Games resmi mengumumkan bahwa publikasi game League of Legends (LoL) dan Teamfight Tactics (TFT) di Asia Tenggara akan langsung diurus secara penuh oleh Riot Games, terhitung di tahun 2023.

Dengan pengumuman ini juga sudah menandai berakhirnya kerja sama antara Riot dan Garena untuk izin publikasi League of Legends dan TFT di Asia Tenggara. Nantinya, server terbaru LoL yang diurus oleh Riot Games akan tersedia pada Januari 2023.

Sumber: Riot Games

Riot Games Lepas Kerja Sama dengan Garena

Sumber: Amazon News

Memang publikasi dari League of Legends sangat melekat ke tubuh Garena, namun keduanya akan melepas kerja sama yang dibangun tepat pada tahun 2023 mendatang.

Tercatat sejak tahun 2010, nama Garena dipercayakan untuk memublikasikan game League of Legends di pasar Asia Tenggara dengan membeli izin publikasi dari Riot.

Namun kerjasama ini akan berhenti di tahun 2023 karena kontrak antara kedua perusahaan akan berakhir pada penghujung tahun 2022 dan tidak ada keputusan untuk perpanjangan kontrak.

Keputusan untuk mengambil alih kembali kegiatan publikasi League of Legends dan Teamfight Tactics di Asia Tenggara merupakan langkah strategis Riot dalam mengembangkan pasar game miliknya di Asia Tenggara.

Teamfight Tactics. Sumber: Alphacoders

Riot juga akan membangun kantor perwakilan di beberapa negara utama, termasuk salah satunya adalah kantor di Indonesia.

“Struktur baru kami di Asia Pasifik akan memperlihatkan peningkatan upaya kami di negara-negara yang telah kami publikasikan sebelumnya seperti Jepang dan India. Selain itu, kami juga sedang dalam proses mendirikan kantor lokal baru di negara-negara utama seperti Filipina, Thailand, Indonesia, dan Malaysia.”

Menurut Manajer Operasi Riot Games, BanChisinX Chee, transisi ini akan membantu meningkatkan pengalaman bermain LoL dan juga menghidupkan kembali panggung esports League of Legends di Asia Tenggara yang sempat meredup.

"Pemain di negara-negara ini akan memiliki kantor Riot khusus yang berfokus untuk menciptakan pengalaman bermain dengan menyesuaikan game kami dengan pemain di setiap negara dan kawasan secara keseluruhan. Transisi ini akan membantu memberikan pengalaman esports yang paling menarik dan menghibur bagi tim pro dan penggemar.”

Sumber: Riot Games

Tenang saja, akun League of Legends dan Teamfight Tactis milik Anda di Garena tetap bisa kalian transfer ke server Riot yang baru pada awal tahun 2023.

Proses transfer dijadwalkan berlangsung mulai 18 November. Para pemain bisa memindahkan seluruh informasi di akun Garena tersebut yang mencakup item, Champion, skin, level, dan lain sebagainya ke server yang baru.

Riot Games juga siap memberikan berbagai hadiah menarik bagi para pemain yang melakukan transfer akun sebelum akhir Desember 2022.