26 November 2022

by Daniel Hamiaz

Penjualan Pokemon Scarlet dan Violet Tembus 10 Juta dalam 3 Hari

Di Jepang sendiri, Pokemon Scarlet dan Violet terjual sebanyak 4 juta kopi

Sebagai game terbaru untuk franchise klasik Pokemon, perilisan Pokemon Scarlet dan Violet dapat dikatakan sukses besar. Penggemar dari seri game yang berusia lebih dari 25 tahun ini memang dikenal cukup militan, walaupun gameplay Pokemon tidak banyak berubah dari waktu ke waktu.

Menurut laporan Nintendo, Pokemon Scarlet dan Violet berhasil terjual lebih dari 10 juta kopi hanya dalam 3 hari saja sejak dirilis pada tanggal 18 November 2022. Rekor tersebut menjadikan game Pokemon terbaru ini sebagai  game Pokemon yang paling laris dalam rentang waktu 3 hari sejak dirilis.

Nintendo mencatat bahwa penjualan Pokemon Scarlet dan Violet di Jepang berkontribusi sekitar 4,05 juta dari 10 juta kopi. Dengan kata lain, negara asal Nintendo tersebut mengangkat penjualannya lebih dari 40%, dan itu masih bisa naik lagi seiring berjalannya waktu.

Walaupun mencatatkan hasil penjualan yang tinggi, namun kesuksesan Pokemon Scarlet dan Violet berbanding terbalik dengan produk finalnya, yang dikeluhkan masih memiliki beragam bug,glitch, hingga frame rate yang tidak stabil. Karena memiliki fanbase yang sangat besar dari seluruh penjuru dunia, Nintendo pun langsung dihujani kritik pedas.

Mengingat terdapat rentang waktu sekitar 3 tahun dari game Pokemon seri sebelumnya — Pokemon Sword and Shield — seharusnya Nintendo memiliki waktu yang cukup untuk menyempurnakan game ini.

Berbeda dengan seri Pokemon sebelumnya, Pokemon Scarlet dan Violet memang mencoba keluar dari pola permainan biasa mereka, salah satunya adalah dengan menetapkan sistem open-world ke dalam game mereka.

Salah satu perbedaan yang cukup mencolok adalah kali ini pemain diperbolehkan untuk menantang Gym mana pun semau mereka, tanpa adanya urutan yang mutlak seperti game Pokemon sebelumnya.

Meskipun pembebasan ini terdengar sebagai langkah yang revolusioner, namun pada praktiknya Nintendo tidak mengimplementasikan hal tersebut dengan baik. Pasalnya, Pokemon yang mengisi deretan Gym tersebut tidaklah mengikuti level dan kekuatan dari Pokemon yang dimiliki oleh pemain, sehingga pada akhirnya kebebasan tersebut dinilai semu.

Hal ini justru menihilkan sistem open-world yang ada di Pokemon Scarlet dan Violet, sehingga ujung-ujungnya pemain harus mengikuti alur Gym yang sudah diurutkan.

Popularitas Pokemon memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Jika Anda tertarik, Anda bisa cek game Pokemon yang paling populer sepanjang masa di sini.