10 November 2022

by Galih

Proyek Kripto Nusa Kini Resmi, Akan Fokus di Web 3.0

Nusa akan menjadi platform web 3.0 baru untuk Indonesia

Perkembangan dunia kripto dan Web 3.0 di Indonesia memang terus tumbuh. Maka dari itu kehadiran platform baru buatan lokal merupakan pertanda yang bagus bagi ekosistemnya di Indonesia.

Salah satu pendatang baru yang akan meramaikan ekosistem Web 3.0 di Indonesia adalah Nusa. Proyek kripto asal Indonesia ini baru saja resmi terdaftar di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Nusa sendiri merupakan aset kripto yang baru saja melakukan rebranding. Sebelumnya, Nusa bernama Tadpole Finance yang sengaja mengambil lelucon meme "kecebong". Namun kini, Nusa ingin membuat image yang lebih profesional sekaligus melebarkan sayapnya.

Ke depannya, Nusa tidak akan hanya berfokus pada decentralized finance (DeFi) saja, sebab mereka memiliki misi yang lebih luas dan menyesuaikan tren serta kebutuhan saat ini.

Image Credit: nusa.finance

โ€œUntuk pengembangan bisnis dan penyesuaian visi dan misi baru. Nusa tidak hanya berfokus pada DeFi tapi juga memperluas ranah ke proyek Web 3.0 dan lainnya,โ€ ucap Wildan Ramadhan, CEO Nusa dalam rilis resminya Selasa, 8 November 2022.

Wildan kemudian mengungkapkan bahwa Nusa kini memiliki visi untuk menyediakan layanan Web 3.0 yang mudah digunakan oleh pengguna Indonesia maupun global. Visi tersebut akan diwujudkan dalam 4 misi utama.

Yang pertama adalah terus mengikuti perkembangan teknologi Web 3.0 terkini. Kedua, berinovasi menggunakan teknologi blockchain yang dapat digunakan oleh industri lain untuk pengembangan bisnis.

Ketiga adalah menciptakan platform Web 3.0 yang sederhana, informatif, dan mudah digunakan. Dan terakhir, menciptakan mekanisme insentif yang sehat bagi komunitas pendukung proyek Nusa.

Platform Nusa sendiri telah siap digunakan sejak tanggal 31 Oktober 22 lalu. Peluncuran platform tersebut juga disertai penambahan beberapa fitur baru diantaranya: Swap, Liquidity Provision, dan Farms.

Untuk menyesuaikan rebranding nama yang dilakukan, token lama mereka yaitu TAD ke depannya juga akan menjadi token baru yang bernama NUSA. Para pemilik token TAD juga nantinya dapat melakukan migrasi menjadi token NUSA melalui platform Nusa.

Opsi lainnya, bagi para pengguna baru yang tertarik juga dapat membeli token NUSA melalui beberapa exchange ternama seperti PancakeSwap dan Indodax.

Platform Nusa ini juga telah memiliki rencana jangka panjang untuk penambahan fitur-fitur lainnya. Karena berhubungan dengan Web 3.0, maka nantinya juga akan ada NFT marketplace Nusa Wallet, dan juga aplikasi mobile.