28 February 2023

by Glenn Kaonang

Pendiri EA, Trip Hawkins, Punya Perusahaan Game Baru Khusus Game Web3

Dinamai Games for a Living, sejauh ini sudah ada dua game NFT yang sedang dikembangkan

Tren game Web3 memang tidak lagi seramai dua tahun lalu, tepatnya ketika Axie Infinity masih jaya-jayanya. Kendati demikian, masih banyak pelaku industri game yang antusias terhadap potensi game Web3. Tidak jarang, yang tertarik malah sosok veteran yang sudah punya pengalaman puluhan tahun di industri game. Contoh terbarunya adalah Trip Hawkins, sosok yang dikenal sebagai pendiri Electronic Arts (EA).

Diam-diam, pendiri EA tersebut rupanya mendirikan perusahaan game Web3 bernama Games for a Living. Ia tidak sendirian dalam menjalankan inisiatif terbarunya tersebut, melainkan ditemani oleh sosok yang juga berpengalaman panjang di industri game, yakni Manel Sort yang merupakan eks wakil presiden King (developer Candy Crush).

Trip menjabat sebagai chief strategy officer di Games for a Living, sementara Manel tercatat sebagai CEO-nya. Sebelum ini, keduanya juga sempat menjadi kolega di perusahaan game mobile lama milik Trip, Digital Chocolate, yang sekarang sudah tutup.

Dalam sebuah pernyataan seperti dikutip oleh Decrypt, Trip menunjukkan antusiasmenya terhadap game Web3. "Saya yakin blockchain, dikombinasikan dengan visi kami, dapat menciptakan paradigma permainan baru untuk kepentingan semua orang. Kami berencana untuk melakukannya dengan cara yang membantu meningkatkan performa dan nilai game bagi para pemain, sekaligus menjaga semuanya tetap menyenangkan," tutur Trip.

Elemental Raiders / Games for a Living

Games for a Living sejauh ini telah mengembangkan dua game NFT. Yang pertama adalah Elemental Raiders, game strategi berbasis kartu yang saat ini sudah tersedia dalam status early access di Steam. Tentu saja, berhubung Steam melarang keberadaan NFT dan elemen blockchain lain di platformnya, versi Elemental Raiders yang tersedia di Steam itu sama sekali tidak melibatkan aset NFT sama sekali.

Game yang kedua adalah Diamond Dreams, yang mengawinkan mekanisme permainan match three dengan NFT. Games for a Living kabarnya juga akan merilis token mereka sendiri yang bernama GFAL di jaringan blockchain BNB Chain. Sebagian besar aset NFT in-game yang ditawarkan nantinya juga akan di-mint di BNB Chain, namun Games for a Living sudah memiliki rencana jangka panjang untuk mengembangkan dan memakai jaringan blockchain mereka sendiri.

Trip Hawkins bukan satu-satunya sosok veteran industri game yang memutuskan untuk mendalami ranah game Web3. Sebelum ini sudah ada Peter Molyneux, pencipta seri game Populous dan Black & White yang mengembangkan game NFT berjudul Legacy. Contoh lainnya adalah VOXverse, sebuah proyek metaverse ambisius yang dikembangkan dengan arahan dari kreator asli SimCity, Will Wright.