26 November 2022

by Galih

Generasi Baru Konsol Xbox dan PlayStation Baru akan Tiba di Tahun 2028

Konsol generasi ini masih memiliki umur yang panjang

Tidak terasa sudah hampir dua tahun berlalu sejak konsol PlayStation 5 dan Xbox Series X/S dirilis ke pasaran. Dan hingga saat ini baik Sony maupun Microsoft masih belum memperlihatkan gerak-gerik untuk merilis konsol baru.

Padahal di generasi-generasi sebelumnya, baik PlayStation dan Xbox biasanya akan mulai bersiap untuk memperkenalkan versi pembaruan dari konsolnya di tahun ketiga. Tapi kelihatannya kedua perusahaan tersebut mengambil langkah berbeda untuk generasi ini.

Karena kemungkinan besar, konsol selanjutnya dari PlayStation atau Xbox tidak akan hadir dalam waktu dekat. Setidaknya itulah yang disiratkan oleh pihak Xbox ketika memberikan pernyataan kepada Competition and Market Authority (CMA) milik pemerintah Inggris.

Microsoft dan Sony memang tengah terlibat dalam proses investigasi terkait dengan akuisisi yang dilakukan Microsoft terhadap Activision Blizzard. Dan pihak CMA mengkhawatirkan bahwa akusisi tersebut dapat mempengaruhi para calon pembeli ketika konsol berikutnya diluncurkan.

Image Credit: Sony

Sony sendiri merasa bahwa akuisisi Microsoft tersebut akan menjadikan judul "Call of Duty" sebagai game eksklusif Xbox. Sedangkan Sony belum memiliki judul serupa sehingga mereka menyebut Microsoft dengan sengaja menyingkirkan Sony dari pasar military-shooter.

Merespons hal tersebut, perwakilan Microsoft pun menyebutkan bahwa konsol generasi berikutnya masih bertahun-tahun lagi. Sehingga Microsoft menyebut dampak dari akuisisi Activision ini hanya sebatas spekulasi saja.

"Generasi baru selanjutnya dari konsol tidak direncanakan rilis paling cepat sebelum musim gugur 2028," ungkap perwakilan Microsoft yang tidak disebutkan namanya tersebut. Ini berarti konsol generasi sekarang masih memiliki setidaknya waktu 6 tahun lagi.

Sedangkan Microsoft sendiri telah menawarkan Sony untuk terus merilis Call of Duty di platform PlayStation, yang sayangnya tidak disambut positif oleh Sony. Hal ini membuat Microsoft akhirnya mengubah dukungan game-nya untuk PlayStation menjadi 10 tahun.

Bahkan semisal Microsoft akan menarik Call of Duty dari platform PlayStation pada 2027 mendatang, Microsoft merasa Sony harusnya memiliki waktu yang lebih dari cukup untuk menyesuaikan strategi bisnisnya.

Perilisan konsol generasi baru pada 2028 terdengar cukup lumrah mengingat di awal perilisannya baik PlayStation 5 dan Xbox Series X dan S harus menghadapi pandemi COVID-19 yang membuat peluncurannya tidak semulus yang diharapkan.

Sayangnya tidak dijelaskan apakah dalam rentang waktu tersebut, Sony maupun Microsoft akan melakukan refreshment terhadap konsolnya. Pasalnya, hampir di semua generasi konsol sebelum ini selalu mendapatkan 'versi penyegaran' setelah 3-4 tahun.