Intel NUC Berhenti Diproduksi, Diteruskan oleh ASUS

Intel NUC yang merupakan sebuah PC Mini yang cukup terjangkau sudah tidak lagi diproduksi Intel. Ternyata ASUS mengambil alih produksinya

Intel baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah menghentikan produksi Next Unit of Computing atau NUC. Perangkat yang pertama kali diluncurkan tahun 2013 yang lalu tersebut diubah strateginya agar bisa menarik para rekan Intel untuk melakukan investasinya. Tidak berselang lama, ternyata ASUS tertarik untuk melanjutkan produksi PC Mini NUC dari Intel.

PC kecil NUC sendiri memiliki beberapa keunggulan. Salah satu diantaranya adalah dengan dimensi yang kecil, membuatnya bisa diletakkan di mana saja bahkan di belakang monitor. Selain itu, PC ini mudah dibawa ke mana saja seperti saat melakukan presentasi. Tentunya, biaya yang dikeluarkan akan elbih terjangkau dengan kinerja yang setara bahkan lebih dengan sebuah laptop.

Sam Gao selaku Intel vice president and general manager of Intel Client Platform Solutions mengatakan bahwa Tim produk sistem NUC Intel menghadirkan produk unik yang memacu inovasi di pasar faktor bentuk ultra-kecil. Saat Intel memutar strateginya untuk memungkinkan mitra ekosistem melanjutkan inovasi dan pertumbuhan produk sistem NUC, prioritas Intel adalah memastikan transisi yang lancar bagi pelanggan dan mitra Intel. Sam juga menantikan ASUS untuk terus menghadirkan produk dan mendukung pelanggan sistem NUC dari Intel.

Seperti yang kita ketahui bahwa ASUS memang merupakan produsen yang sudah matang dalam memproduksi PC mini. Sebut sama EeePC dan seri ExpertCenter PN yang baru-baru ini diluncurkan di Jakarta. Pengalaman mereka tentu saja akan menjadi bekal untuk produksi NUC berikutnya.

Perjanjian yang dilakukan oleh Intel dan ASUS akan membuahkan lisensi non eksklusif untuk desain lini produk sistem Intel NUC. ASUS diperbolehkan untuk memproduksi dan menjual produk NUC Generasi ke 10 hingga ke 13 dan juga mengembangkan desainnya di masa depan. Hal tersebut akan memungkinkan ASUS untuk menyediakan produk dan mendukung kontinuitas untuk pelanggan sistem Intel NUC. ASUS sendiri akan mendirikan unit bisnis baru bernama ASUS NUC BU.

CEO ASUS, Joe Hsieh memberikan ucapan terima kasih kepada Intel atas kepercayaan mereka kepada ASUS untuk membawa lini produk sistem NUC ke depan. Beliau merasa yakin bahwa kolaborasi ini akan meningkatkan dan mempercepat visi ASUS untuk mini PC yang sangat memperluas jejak mereka di berbagai bidang seperti AI dan AIoT. Joe juga berkomitmen untuk memastikan dukungan dan layanan terbaik yang diharapkan pelanggan sistem NUC.

Apakah Anda akan tertarik untuk membeli sebuah PC mini Intel NUC buatan ASUS nantinya?