26 July 2022

by Glenn Kaonang

Game NFT Treeverse Janjikan Gameplay yang Fantastis

Treeverse adalah MMORPG berbasis NFT dengan gameplay ala top-down RPG, lengkap beserta sistem combat yang mengesankan

Setidaknya sampai sejauh ini, game NFT atau game blockchain yang lebih menonjolkan sisi gameplay ketimbang sisi ekonominya masih tergolong cukup langka. Hal ini memicu anggapan publik bahwa mayoritas game NFT itu sebenarnya kurang fun untuk dimainkan. Anggapan tersebut ada benarnya, dan itulah mengapa game NFT yang memprioritaskan aspek gameplay selalu memiliki daya tarik lebih dibanding yang lainnya.

Salah satu contohnya adalah Treeverse, MMORPG berbasis NFT bikinan studio Endless Clouds. Sejak tahun lalu, game ini sudah cukup banyak mendapat sorotan berkat deretan concept art-nya yang keren, dan baru-baru ini Treeverse kembali mencuri perhatian lewat sepotong video gameplay yang mengesankan.

Treeverse merupakan sebuah top-down RPG, dan di genre yang dipopulerkan oleh Diablo ini, animasi skill yang memukau selagi combat berlangsung selalu menjadi salah satu nilai jual utama. Kalau melihat video gameplay singkatnya di bawah, Treeverse sepertinya berhasil memenuhi syarat tersebut dengan baik. Pergerakan karakternya yang mulus dan animasinya yang tampak flashy bisa dengan mudah membuat kita lupa bahwa ini sebenarnya merupakan sebuah game NFT.

Potongan video tersebut sebenarnya merupakan teaser dari combat trailer lengkap yang akan disingkap pekan depan. Treeverse memang merupakan game pertama Endless Clouds, namun studio asal Taiwan ini mengklaim bahwa sebagian personelnya punya kontribusi terhadap game-game seperti League of Legends, Rainbow 6 Siege, dan bahkan Horizon Zero Dawn maupun Dark Souls 3. Hal ini semestinya bisa menjadi indikasi bahwa mereka memang memprioritaskan kualitas produksi dalam mengerjakan Treeverse.

Namanya game NFT, Treeverse tentu punya beberapa jenis aset NFT yang dapat diperjual-belikan. Berdasarkan informasi di situs resminya, yang sudah ada saat ini adalah NFT lahan virtual, pohon virtual, dan NFT avatar. Satu hal yang pasti, Endless Clouds menjamin bahwa aset-aset NFT tersebut tidak akan punya pengaruh besar terhadap gameplay demi menghindari skema pay-to-win.

Sebaliknya, Treeverse dirancang sebagai game free-to-play yang bisa dinikmati lewat perangkat mobile maupun PC. Jadwal rilis pastinya sejauh ini masih belum ada, akan tetapi Endless Clouds berniat meluncurkan versi alpha-nya di akhir tahun ini.

Sumber: NFT Plazas.