25 March 2023

by Daniel Hamiaz

Life By You Ialah Game Life Simulator Kompleks dari Developer The Sims

Paradox optimistis bisa lampaui The Sims dengan berbagai fitur menarik di Life By You

Paradox Tectonic akhirnya memberikan informasi lebih lanjut mengenai game simulasi terbaru mereka, Life By You. Pengumuman ini disajikan lewat presentasi selama setengah jam dari pihak pengembang, yang secara detail menjelaskan berbagai fitur dan seperti apa gameplay yang akan diberikan oleh Life By You.

Presentasi tersebut dibawakan juga oleh Ron Humble, yang pernah terlibat langsung dalam pembuatan game The Sims, yang dikenal sebagai standar untuk game ber-genre simulasi.

Sebagai orang yang pernah merancang The Sims, Ron yakin Life By You bisa melampaui game tersebut berkat beragam fitur unik dan mekanik-mekanik baru yang lebih segar dan menarik. Dua fitur yang paling menjanjikan dari Life By You adalah modding dan dunia open-world yang terasa utuh dan kompleks.

Paradox mengambil pendekatan realistis di dalam Life By You, yang sangat berbeda dari The Sims yang terkesan lebih cartoonish. Selain itu, Life By You juga akan menggunakan bahasa yang nyata, bukan bahasa dan bunyi-bunyian tidak jelas seperti di The Sims.

Lebih lanjut, untuk menjaga rasa immersion pemain, Paradox Tectonic tidak menggunakan sistem loading screen buat fitur open-world-nya, dengan harapan permainan bisa terasa seamless ketika berpindah tempat atau berganti kegiatan.

Fitur kustomisasi yang ditawarkan Life By You juga tidak kalah menarik. Mulai dari karakter, rumah, penataan perumahan, bahkan hingga ke tingkat kota, semuanya dapat dikustomisasi. Fitur ini sebenarnya tidak terlalu mengagetkan, mengingat Paradox adalah pengembang untuk game Cities: Skylines, salah satu game city builder paling populer saat ini.

Tidak berhenti sampai di penataan fisik saja, pemain juga dapat mengatur secara bebas bagaimana dialog, cerita, dan narasi yang akan dibincangkan oleh masing-masing karakter yang telah dibuat.

Pada tahap early access-nya nanti, Paradox Tectonic berharap agar komunitas yang mencobanya langsung bisa mendapatkan pengalaman bermain yang utuh dan memuaskan, serta mencoba fitur modding sebebas yang mereka inginkan.

Life By You akan masuk pada tahap early access di 12 September 2023 dan akan dirilis untuk platform PC via Steam dan Epic Game Store dengan harga USD40 atau sekitar Rp610 ribu.