22 August 2022

by Sean Edbert

Developer Tower of Fantasy Ungkap Lebih dari 8 Ribu Nama Cheater

Lebih dari 8400 akun Tower of Fantasy telah di-ban oleh Hotta Studios

Salah satu permasalahan umum yang sering ditemui oleh para pemain game free-to-play adalah saat berhadapan dengan cheater. Selain mengganggu pengalaman bermain bagi pemain lain, para cheater tentunya juga dapat menurunkan reputasi game. 

Tidak pandang bulu, masalah ini ternyata juga menyerang MMORPG pendatang baru yang lagi booming berjudul Tower of Fantasy.

Image Credit: Hotta Studios

Karena software anti-cheat yang bekerja dengan kurang baik, Role-Playing Game besutan Hotta Studios itu diserbu oleh cheater sejak awal perilisannya. Bahkan, tidak sedikit pemain ToF yang mendorong pemain lain untuk berhenti bermain sampai anti-cheat-nya diperkuat oleh sang developer.

Nah, setelah 8 hari sejak rilisnya ToF (tepatnya pada 19 Agustus) -- Hotta Studios akhirnya memblokir ribuan akun yang tertangkap basah menggunakan software cheat. 

Menariknya, developer indie asal Tiongkok itu juga mengungkap semua IGN (in-game name) akun yang terkena ban melalui blog resmi mereka. Namun, pihak Hotta menyensor nama-nama akun tersebut untuk melindungi identitas mereka.

"Demi menyediakan lingkungan bermain yang adil serta memastikan pengalaman in-game yang sangat baik bagi semua Wanderers di Tower of Fantasy, Hykros Central Contol Room memantau akun yang menggunakan software cheat dan script untuk melakukan inisialisasi data akun mereka." Ujar pihak Hotta Studios, dikutip dari blog resmi mereka.

Image Credit: Hotta Studios

Pada 16 Agustus lalu, Hotta Studios telah memblokir tepatnya 1706 akun karena "pelanggaran aturan berat". Selain itu, mereka juga mengungkap benua asal akun yang terkena banned. Asia Tenggara menempati posisi pertama sebagai benua dengan pengguna cheat terbanyak dengan 470 akun terkena banned -- diikuti oleh Eropa dengan 442 akun dan Amerika Utara dengan 343 akun.

Dari tanggal 16 hingga 19 Agustus kemarin, pengembang Tower of Fantasy menambah nama-nama akun yang terblokir menjadi 8410 akun. Kini, benua dengan cheater terbanyak jatuh kepada Asia-Pasifik dengan total 6041 akun ter-banned. Sementara sisanya berasal dari Asia Tenggara.

Daripada menggunakan cheat, tentunya akan lebih baik jika Anda mengasah skill Anda sendiri. Anda dapat memulainya dengan membaca 10 tips penting untuk pemula saat mulai bermain Tower of Fantasy yang kami buat baru-baru ini.