ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition FA617 Diperkenalkan, Serba AMD dan Sertifikasi Militer

ASUS mengeluarkan sebuah laptop gaming yang menggunakan AMD Advantage, yaitu dengan CPU dan GPU dari AMD serta memiliki sertifikasi militer

Bukan ASUS namanya jika tidak mengeluarkan laptop gaming mereka di hampir setiap bulannya. Pada kesempatan kali ini, ASUS mengundang saya ke sebuah acara media gathering sekaligus memperkenalkan laptop gaming terbarunya. Acara tersebut diadakan pada ballroom hotel Akmani Jakarta pada tanggal 16 Maret 2023. Laptop yang diperkenalkan kali ini adalah ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition FA617.

Laptop TUF Gaming A16 Advantage Edition kali ini menggunakan platform AMD Advantage karena menggunakan CPU dan GPU dari AMD. Pada sisi GPU, laptop ini menggunakan AMD Ryzen 7 7735HS yang menggunakan arsitektur Zen 3+. CPU dengan TDP 35 watt ini memiliki konfigurasi 8 inti dan 16 thread dengan kecepatan hingga 4,75 GHz. Pada sisi GPU menggunakan Radeon RX 7600S yang sudah memakai arsitektur RDNA 3.

Selain dengan menggunakan discrete GPU, Ryzen 7735HS juga memiliki grafis terintegrasi AMD Radeon 680M. Laptop ini juga sudah memiliki VRAM 8 GB dengan tambahan MUX Switch untuk memutus jalur grafis terintegrasi sehingga langsung memakai GPU discrete-nya. SmartShift juga memungkinkan TUF Gaming A16 Advantage Edition untuk memiliki TGP hingga 120W. Selain itu terdapat juga Smart Access Memory yang memungkinkan CPU untuk dapat mengakses seluruh VRAM pada GPU.

Laptop ini memiliki sistem pendingin yang terdiri dari dua kipas Arc Flow, lima heatpipe berbahan tembaga, serta heatsink yang memiliki fin dengan ketebalan hanya 0,1mm. Thermal coverage pada laptop ini sendiri sebesar 45%. Kipas yang digunakan juga memiliki  struktur khusus yang dapat meminimalisir turbulensi udara sehingga udara dapat mengalir secara lebih optimal dan operasional kipas menjadi lebih senyap.

Laptop ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). Ukuran layar yang dibawa adalah 16 inci dengan screen-to-body ratio sebesar 90%. Untuk baterainya, ASUS memberikan kapasitas sebesar 90 WHr agar bisa menyala hingga 13,4 jam. Pengisiannya sendiri bisa menggunakan USB Type-C.

Laptop ini keluar dengan 2 jenis, yaitu layar FHD dengan 165Hz dan QHD 240Hz 100% AMD Advantage. Untuk layar FHD, ASUS menjualnya dengan harga Rp. 20.299.000. Sedangkan untuk dengan fitur AMD Advantage dijual dengan harga Rp. 22.990.000. ASUS memberikan 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty.