[WWDC 2023] Apple Umumkan Mac Studio dan Mac Pro, Dua Mac Terkuat dengan Chip M2 Ultra

Chip Apple M2 Ultra dibangun menggunakan proses 5nm generasi kedua dan menggabungkan dua chip M2 Max menggunakan arsitektur Apple UltraFusion

Ada banyak pengumuman penting dari Apple yang diungkap dalam acara WWDC 2023, termasuk Mac Studio dan Mac Pro terbaru, dua Mac terkuat dengan chip M2 Ultra. Chip Apple terbesar dan tercanggih ini dibangun menggunakan proses 5nm generasi kedua dan menggabungkan dua chip M2 Max menggunakan arsitektur Apple UltraFusion.

Apple M2 Ultra menghadirkan CPU 24-core, yang diklaim Apple 20% lebih cepat dibandingkan dengan model M1 Ultra, terdiri dari 16-core performa tinggi dan 8-core efisiensi tinggi generasi berikutnya. Dengan Mac Studio yang didukung oleh M2 Ultra, colorist yang menggunakan DaVinci Resolve pemrosesan videonya akan 50% lebih cepat dibandingkan Mac Studio dengan M1 Ultra.

GPU pada M2 Ultra dapat dikonfigurasi hingga 76-core dengan peningkatan hingga 30% dan Neural Engine 32-core lebih cepat hingga 40% daripada M1 Ultra. M2 Ultra dapat dikonfigurasi dengan unified memory hingga 192GB atau 50% lebih banyak dari M1 Ultra dan memiliki bandwith 800GB/s yang merupakan dua kali lipat dari M2 Max.

Di dunia nyata, Apple mengklaim bahwa M2 Ultra dapat memproses video 50% lebih cepat dengan kemampuan playback hingga 22 stream video 8K ProRes. Pengguna juga dapat menghubungkannya hingga enam layar Pro Display Pro XDR.

Mac Studio kini diperbarui dengan chip M2 Max dan M2 Ultra, mendukung unified memory hingga 192GB, dan memiliki konektivitas HDMI dengan bandwidth lebih tinggi untuk menangani monitor 8K dengan refresh rate 240Hz. Mac Studio juga mendapatkan konektivitas WiFi 6E dan Bluetooth 5.3.

Beralih ke Mac Pro yang akhirnya menggunakan Apple Silicon. Dari desain, Mac Pro baru ini identik dengan Mac Pro Intel seri sebelumnya yang sudah berumur empat tahun. Namun dapur pacunya berbeda total, karena Apple menggunakan M2 Ultra, performanya diklaim 3x lebih kencang dibanding sebelumnya.

Mac Pro versi 2023 mendukung pemakaian enam layar Pro Display XDR dan sudah dilengkapi konektivitas WiFi 6E dan Bluetooth 5.3. Selain itu, ada tiga port USB-A, dua HDMI yang mendukung resolusi 8K/240Hz, dua port Ethernet 10Gbps dan jack headphone.

Mengenai harga, Mac Studio dengan chipset M2 Ultra dijual mulai dari US$1.999 (Rp29,7 jutaan). Sedangkan Mac Pro tersedia dalam casing yang dipasang di menara dan di rak, Mac Pro (Tower Enclosure) mulai dari US$6.999 (Rp104 jutaan) dan Mac Pro (Rack Enclosure) mulai dari US$7.499 (Rp111 jutaan).

Sumber: Apple