3 Tips Merekam Momen Traveling dengan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G

Beberapa tips dan pengalaman menarik Sadam saat mengabadikan momen traveling dengan Galaxy S23 Ultra 5G di Asia Tengah

Menggabungkan petualangan dengan kreativitas, tren traveling sambil membuat konten telah menjadi fenomena yang begitu populer di kalangan generasi muda. Tidak rumit seperti dahulu, pembuatan konten selama perjalanan kini dapat ditangani dengan sangat baik dengan mengandalkan smartphone yang tepat.

Bagi yang sedang mencari destinasi wisata yang tidak biasa, Asia Tengah wajib masuk ke bucket list. Sebab kawasan ini menawarkan pemandangan alam menawan dan beragam lokasi bersejarah yang membuatnya menjadi tujuan liburan yang penuh daya tarik.

Keindahan landscape Asia Tengah ini telah dibuktikan oleh Fotografer dan Traveler Muhamad Sadam yang mengunjungi tiga negara di kawasan tersebut, yaitu Kyrgyzstan, Kazakhstan, dan Uzbekistan. Menariknya, momen perjalanan Sadam di Asia Tengah tertangkap dengan epic oleh Galaxy S23 Ultra 5G.

Menurut Sadam, smartphone flagship Samsung ini memberi kepraktisan saat hunting foto selama traveling dengan tetap menawarkan kualitas foto sekelas kamera profesional. Berikut ini beberapa tips dan pengalaman menarik Sadam saat mengabadikan momen traveling dengan Galaxy S23 Ultra 5G di Asia Tengah.

1. Cobain Astro Hyperlapse


Menangkap indahnya hamparan bintang dengan fitur Astro Hyperlapse pada Galaxy S23 Ultra 5G | Foto Samsung

Salah satu lokasi yang dikunjungi Sadam adalah Jeti Oguz, Kyrgyzstan, yang dikenal dengan formasi bukit batu ikonik yang disebut Seven Bulls. Di sini, Sadam memutuskan untuk berkemah agar bisa lebih leluasa dalam menikmati berbagai pemandangan alam yang ditawarkan. Keputusannya membantunya untuk mengabadikan langit malam Jeti Oguz dengan epic menggunakan fitur Astro Hyperlapse pada Expert RAW di kamera Galaxy S23 Ultra 5G.

Saat itu, saya merasa foto saja tidak cukup untuk capture pemandangan yang epic ini, jadi saya memutuskan untuk mencoba fitur Astro Hyperlapse di Galaxy S23 Ultra 5G. Saya posisikan Galaxy S23 Ultra 5G di tempat yang steady selama 1 jam dan mendapatkan hasil hyperlapse berdurasi 10 detik,” ujar Sadam.

Sadam menambahkan, fitur Astro Hyperlapse di Galaxy S23 Ultra 5G sangat mudah digunakan. Cukup pilih Hyperlapse di menu kamera, lalu atur timer, fps, serta kualitas gambar, lalu tinggal meletakkan perangkat yang telah terpasang ke tripod di tempat yang diinginkan.

Tak perlu waktu lama untuk menghasilkan video hyperlapse hamparan bintang dengan Galaxy S23 Ultra 5G | Foto Samsung

Sadam juga menganjurkan untuk mengaktifkan fitur Star Trails yang ada di bagian kanan bawah layar agar bisa mendapatkan hyperlapse langit malam yang epic. Ia juga mengabadikan langit malam di Jeti Oguz menggunakan fitur Astrophotography di Expert RAW yang menurutnya mampu menghidupkan cahaya bintang dan memberi detail yang presisi walau saat itu sinar bulan cukup mendominasi.

2. Gunakan Expert RAW

Menangkap keindahan Danau Kaindy dengan tajam menggunakan resolusi 50 MP pada Galaxy S23 Ultra 5G | Foto Samsung

Setelah Kyrgyzstan, Sadam menyambangi Kazakhstan dan dimanjakan oleh bentang alam yang begitu cantik, salah satunya Kaindy Lake, danau sepanjang 400 meter terletak 129 kilometer timur-tenggara kota Almaty. Di sini, Sadam banyak mengabadikan pemandangan yang mengesankan dari Danau Kaindy dan hamparan perbukitan di sekeliling lokasi dengan Expert RAW yang menyediakan file RAW berkualitas tinggi hingga 50MP.

Tiap kali traveling, saya selalu kalungin kamera supaya kalau mau motret lebih gampang. Apalagi, karena saya lumayan perfeksionis, saya selalu mengutamakan kamera untuk ambil gambar saat liburan. Tapi, kali ini kualitas Galaxy S23 Ultra 5G yang sudah menandingi kamera profesional bikin saya sampai lupa untuk pakai kamera yang sudah saya kalungin,” tutur Sadam.

Menurutnya Galaxy S23 Ultra 5G sangat versatile dalam mengambil foto di berbagai kondisi. Ketika berada di tempat dengan paparan cahaya yang tinggi, kualitas foto yang dihasilkan tetap terjaga tanpa menjadi overexposure. Lalu, dalam kondisi low light dan backlight yang kerap menjadi challenge bagi smartphone lain, hasil foto Galaxy S23 Ultra 5G tetap detail, natural, dan tidak pecah.

3. Ambil Foto Resolusi 200MP & Zoom Hingga 100x

Detail warna dari hasil foto menggunakan Expert RAW pada Galaxy S23 Ultra 5G | Foto Samsung

Beralih ke Uzbekistan, yang memuat perkembangan peradaban manusia ribuan tahun lalu, dipilih Sadam karena ketertarikannya mengulik sejarah dari lokasi yang dikunjungi saat traveling. Ada dua lokasi sarat sejarah yang dikunjungi Sadam di Uzbekistan, yaitu Tashkent dan Samarkand.

Saat berada di Tashkent, destinasi yang dikunjungi adalah Pasar Chorsu, salah satu pasar tertua di Uzbekistan yang masih berfungsi sampai sekarang. Pada masa lalu, Pasar Chorsu merupakan salah satu pusat dari Jalur Sutera, di mana banyak pedagang mampir untuk berjualan rempah. Selama di Pasar Chorsu, Sadam banyak memotret suasana pasar dan detail rempah-rempah.

Menggunakan Expert RAW untuk menghasilkan fotografi ala profesional | Foto Samsung

Lanjut ke Samarkand, sebuah kota yang dibangun sekitar 3.000 tahun silam. Dalam perkembangannya, Samarkand adalah bagian sentral yang sangat berpengaruh dari peradaban masa lalu di Asia Tengah. Salah satu tempat yang dikunjungi di Samarkand adalah Shah-i Zinda, kompleks bangunan yang sudah berdiri sejak abad 14. Menariknya lagi, makam Imam Bukhari, salah satu pemuka Islam termasyhur juga terletak di Samarkand.

Tashkent maupun Samarkand merupakan lokasi yang cantik dengan banyak objek yang bisa di-capture untuk menjadi foto yang epic. Karena setiap tempat di sini punya warnanya tersendiri, seperti Pasar Chorsu yang vibrant karena banyak menjual rempah-rempah atau Shah-i Zinda yang memiliki warna biru yang iconic, saya jadi lebih sering pakai Expert RAW di Galaxy S23 Ultra 5G supaya lebih mudah adjust warna, exposure, atau cahaya untuk mendapatkan detail yang khas dari tiap objek yang difoto,” ucap Sadam.

Keleluasaan memotret dengan Galaxy S23 Ultra 5G pun semakin lengkap dengan mode resolusi penuh 200MP yang dapat digunakan ketika ingin mengambil detail gambar yang tajam dan kemampuan zoom hingga 100x. Hasilnya Sadam bisa mengambil foto close up dari detail bangunan tertentu dengan hasil yang tidak pecah.

Bagi Sadam, fitur zoom hingga 100x sangat membantu karena banyak bangunan berukuran besar di Uzbekistan yang tiap sudutnya memiliki detail menarik. Jadi, walau harus memotret dari jarak jauh, ia bisa tetap mendapatkan komposisi gambar yang diinginkan.

Sadam juga merasa terbantu dengan baterai besar 5.000 mAh di Galaxy S23 Ultra 5G yang tahan seharian dan suka dengan durability-nya yang benar-benar kokoh. Samsung Galaxy S23 Ultra 5G sendiri dijual dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB).