19 January 2023

by Lukman Azis

2 Perangkat Baru OPPO Siap Meluncur, Diduga Suksesor Reno8 Series

Pada situs sertifikasi Postel dan P3DN Kemenperin, dua perangkat OPPO yang akan datang terdeteksi dengan kode CPH2481 dan CPH2483

Tahun 2022 lalu, masyarakat Indonesia dimanjakan dengan begitu banyak produk unggulan dari OPPO. Termasuk smartphone flagship Find X5 Pro 5G, perangkat ‘portrait expert’ Reno8 series, berbagai macam A series, dan juga rangkaian produk IoT.

Kini OPPO mengungkap sedang menyiapkan perangkat baru di awal tahun 2023. Smartphone tersebut telah terdaftar pada situs sertifikasi postel dengan nomor sertifikat 86271/SDPPI/2022 dan tercatat dengan model OPPO CPH2481.

Pada situs milik Kementerian Perindustrian, perangkat yang sama telah tersertifikasi sejak 5 Oktober 2022 yang lalu dengan nilai TKDN sebesar 35,79%. Dari situs P3DN Kemenperin dapat terlihat pada bagian spesifikasi bahwa nama perangkat OPPO CPH2481 akan mengusung jaringan 4G.

Diperkirakan, perangkat ini akan menjadi suksesor Reno8 series yang telah diperkenalkan tahun lalu. Jika melihat riwayat OPPO sebelumnya, biasanya di akhir kuartal atau awal kuartal OPPO selalu meluncurkan perangkat baru di Indonesia terutama untuk Reno series. Sayangnya, sampai saat ini belum ada keterangan pasti nama resmi dari perangkat OPPO CPH2481 ini untuk pasar Indonesia.

Sebagai informasi, Reno series merupakan lini smartphone kelas menengah OPPO yang berhasil menyumbangkan angka yang cukup tinggi di setiap laporan pangsa pasar pada akhir kuartal. Kuncinya terletak pada aspek kamera yang didukung fitur-fitur berbasis AI, desain yang semakin mendekati smartphone flagship, dan performa yang selalu ditingkatkan.

Selain perangkat OPPO CPH2481, pada kedua situs pemerintah tersebut tercatat pula perangkat dengan kode yang hampir sama yakni OPPO CPH2483. Ketika ditelusuri melalui situs P3DN, perangkat yang satu ini telah mengusung teknologi jaringan 5G. Apakah kedua smartphone OPPO yang akan datang di Indonesia ini adalah Reno9 series? Kita tunggu saja pada kuartal pertama tahun 2023 ini.